Perbedaan makanan risoles dengan makanan lumpia

Perbedaan makanan risoles dengan makanan lumpia

Perbedaan makanan risoles dengan makanan lumpia – Bagi penggemar dua makanan ini pasti sangat mudah untuk membedakan antara risoles dan lumpia. Akan tetapi, bagi yang jarang memakannya atau bukan penggemar makan risoles dan lumpia pasti belum tau perbedaan diantara keduanya. Maka dari itu, mari kita lihat Perbedaan makanan risoles dengan makanan lumpia.

Agar lebih memahami Perbedaan makanan risoles dengan makanan lumpia, mari simak perbedaan keduanya berikut ini:

Perbedaan makanan risoles dengan makanan lumpia
Perbedaan makanan risoles dengan makanan lumpia

– RISOLES:

Terbuat dari kulit crepe yg diisi adonan isi, dicelupkan ke dalam telur, dipanir dan digoreng. Penampilannya sedikit kasar dan “bergerigi” karena efek panir. Kulit risoles lebih tebal dan basah ketimbang kulit lumpia. Risoles memiliki ukuran lebih besar dari lumpia. Ukuran lebar dari risoles lebih lebar namun pipih. Kulit risoles lebih tebal nan lunak lantaran memiliki bahan dasar berupa susu.

Adonan kulit terbuat dr campuran terigu, cairan (susu/air/santan), telur, garam, minyak goreng/margarin, lalu didadar tipis2 di atas teflon. Adonan isi dpt dibuat bervariasi, yg paling populer adlh ragout, terbuat dr daging giling dan wortel yg dimasak sampai bertekstur “creamy”. Adonan isi td diisikan sedikit2 ke dlm lembaran kulit, dicelupkan ke dlm kocokan telur, dipanir dgn menggunakan tepung roti kasar dan digoreng.

Perbedaan makanan risoles dengan makanan lumpia
Perbedaan makanan risoles dengan makanan lumpia

– LUMPIA

Terbuat dari kulit yg diisi adonan isi, dan digoreng. Penampilannya mulus dan kaku, rasanya juga lebih renyah, karena tidak dipanir sebelum digoreng. Lumpia ukurannya lebih kecil dengan tubuh yang membulat atau lonjong. Lumpia juga tamak lebih berisi ketimbang risoles dan Kulit lumpia lebih tipis dan garing kriuk.

Tekstur kulit lumpia tidak selembut tekstur kulit risoles. Biasanya adonan kulit lumpia terbuat dari terigu, air, minyak dan garam (beberapa resep juga menyertakan putih telur) yang didadar tipis2 di teflon. Ada juga kulit lumpia siap beli yg banyak dijual di supermarket atau pasar.

Isi daripada lumpia sendiri bervariasi, yang paling sering digunakan adalah isi sayuran (campuran toge, wortel dan rebung) yg ditumis sampai matang. Adonan isi dimasukkan ke dalam kulit dan langsung digoreng atau dimakan begitu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *